BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi
komputer disegala bidang tumbuh begitu pesat sehingga hampir seluruh kegiatan
kita tidak terlepas dari teknologi informasi yang semakin canggih ini. Sehubungan dengan upaya mewujudkan dan menindaklanjuti
Kebijakan pemerintah tentang upaya untuk penempatan Pendidikan Kejuruan yang
mengisyaratkan bahwa arah Pembinaan dan Pengembangan pendidkan berorientasi pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjadi aset pemerintah
daerah dalam rangka otomoni daerah sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang
memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi era global.
Sebagai
konsekuensinya adalah Lembaga Pendidikan Komputer Global Kendari sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan merasa berkewajiban
untuk berperan serta membekali tamatannya dengan kecakapan hidup ( life
skill ) secara integrative, yang memadukan potensi generic dan spesifik, guna
memecahkan dan mengatasi problema hidup. Kecakapan hidup yang mestinya dimiliki
oleh setiap tamatan yang akan terjun ke masyarakat tersebut antara lain,
Kecakapan mengenal diri ( personal skill),
kecakapan berpikir rasional ( thinking skill ), kecakapan social ( social skill), kecakapan akademik (
academic skill ) dan kecakapan kejuruan ( vocational skill ).
Disisi lain belakangan ini angka pengangguran
semakin tinggi. Oleh karena itu
salah satu hal yang dapat diusulkan untuk mengatasi pengangguran
tersebut adalah Mencari kerja atau
membuka usaha mandiri.
Dalam
usaha mewujudkan altenatif tersebut (pencari
kerja atau membuka usaha mandiri)
maka diperlukan suatu pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pencari
kerja yang berusia diatas 17 tahun
dengan Program Keahlian yang layak jual dan sangat dibutuhkan dipasar
kerja pada era sekarang maupun untuk masa - masa
mendatang. Salah satu program keahlian tersebut
yaitu di bidang komputer (teknisi komputer, jaringan komputer,desain web,
office (word,exel, power point) ).
Program
di bidang komputer yang dikembangkan
di Lembaga Pendidikan Komputer Global
Kendari berhasil mengembangkan misi Pendidikan Nasional dan menghasilkan lulusan yang benar — benar berdaya guna di masyarakat, bilamana terdapat kondisi ideal yang terpenuhi. Diantaranya peralatan praktek yang memadai, kurikulum (silabus) diklat
yang mutahir dan tenaga pengajar yang kompeten. Tiga hal inilah yang akan
bersama — sama diwujudkan oleh Lembaga Pendidikan Komputer Global Kendari dengan dukungan penuh
dari pemerintah khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Komitmen bersama ini penting guna
merealisasikan semua hal telah diuraikan di atas.
1.2 Tujuan
Adapun tujuan
dari Lembaga Pendidikan
Komputer Global Kendari adalah :
1. Mengurangi beban pemerintah serta
membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah pengangguran
2. Memberikan keterampilan bagi masyarakat
yang taraf hidupnya masih rendah.
1.3 Manfaat
Adapun
manfaat dari Lembaga Pendidikan
Komputer Global Kendari adalah :
1. Peserta didik/warga belajar dapat
memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk menghidupi dirinya sendiri dan
keluarganya.
2. Masyarakat
dapat memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi keterampilannya.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Kewirausahaan
Kewirausahaan atau Wirausaha adalah proses
mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut
bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan
sesuatu.Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang
dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.Kewirausahaan memiliki arti
yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik
berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan
kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self- employment).Seorang wirausahawan
membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan
datang dengan harga tidak menentu.Jadi definisi ini lebih menekankan pada
bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para
ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi
peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein
(1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan
atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum
teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui
sepenuhnyadan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan
kewirausahaan disebut wirausahawan.Muncul pertanyaan mengapa seorang
wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia
pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi
yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia
unggul.
Untuk
dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri
dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha
adalah:
1.
Percaya diri
2.
Berorientasikan tugas dan hasil
3.
Berani mengambil risiko
4.
Kepemimpinan
5.
Keorisinilan
6.
Berorientasi ke masa depan
7.
Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang
wirausaha adalah:
1. Memiliki
sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
2. Selalu
berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan
3. ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka
bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
4. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka
pada tantangan.
5. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat
bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
6. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi,
fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
7. Memiliki persepsi dan cara pandang yang
berorientasi pada masa depan.
8. Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan
kerja keras.
2.2
Perbandingan Usaha Yang Sejenis
Kegiatan usaha khususnya dibidang pendidikan ini,
sangatlah membantu bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang komputer.
Lembaga kursus komputer yang kami sedang kembangkan ini memiliki banyak
perbedaan dengan lembaga kursus yang lain yang terdapat di kota Kendari. Selain
kami menyediakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan lembaga kursus
lain, kami juga menyediakan pelayananan yang lebih mendekatkan diri dengan
peserta kursus kami, disisi lain jenis-jenis kursus yang kami tawarkan sangat
inovatif dan sangat dibutuhkan di semua bidang pekerjaan serta memiliki tenaga
pendidik yang profesional.
Perbedaan juga terjadi pada materi
yang kami berikan kepada peserta kursus kami, dimana kami hanya menekankan
materi-materi yang umum dipakai masyarakat umum serta yang biasa dipakai pada
kegiatan perkantoran. Misalnya saja kami memberikan tentang pelatihan cara
menggunakan microsoft office (word, exel, power point), ataupun juga teknisi komputer, jaringan komputer, dan desain
web.
Dikota kendari sudah memiliki
banyak lembaga kursus yang sejenis namun kami selalu berusaha memberikan yang
terbaik dan mencakup semua kalangan. Selain itu kami memiliki ikatan kerja sama
dengan berbagai toko atau usaha yang membutuhkan tenaga komputer misalanya
mentari komputer, kreasi komputer dan 37 komputer , serta kami juga melakukan
kerjasama dengan berbagai jenis usaha yang bergerak dibidang advertising &
printing misalnya ‘Sulo Advertising & printing’ dan ‘Percetakan Juanda
Seni’ dan berbagai macam instansi.
BAB
IV
RENCANA
PENGEMBANGAN
4.1 Strategi Pengembangan Usaha
4.1.1
Strategi
pelayanan
Dalam sebuah bisnis yang menawarkan jasa, maka pelayanan
adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Dalam proposal ini,
usaha yang akan di kembangkan adalah Lembaga Pendidikan Komputer Global
Kendari, dimana kami
memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik kami, yang diantaranya
yaitu menyediakan sarana-sarana pembelajaran bagi mereka, misalnya kami
menyediakan laboratorium komputer yang bisa dijadikan sebagai tempat praktek
mereka. Selain itu kami menyediakan fasilitas tempat kerja praktek bagi mereka
yang telah memenuhi syarat untuk melakukan kerja praktek tersebut.
4.1.2 Strategi Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia juga memegang peranan penting dalam
mengembangkan suatu usaha. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat
memberikan dampak positif bagi usaha itu sendiri. Dalam usaha ini menyediakan tenaga pengajar yang sangat
ideal, yang mampu memberikan ilmu pembelajaran yang sangat baik. Disamping itu
tenaga pengajar kami memiliki jenjang pendidikan yang baik. Disini kami
memiliki 5 orang tenaga pengajar yang berasal dari lulusan dari Fakultas Teknik
Informatika, yang bisa diharapkan dapat memberikan ilmu mereka tentang
Teknologi Informasi serta berbagai hal tentang dunia komputer kepada para
peserta kursus kami kedepannya.
4.1.3
Strategi keuangan
Salah satu tujuan penting dalam keuangan adalah pencapaian
Return On Assets (ROA – tingkat pengembalian aset) yang tinggi. Dalam mejalankan
sebuah usaha maka memanage keuangan dengan baik adalah salah satu keharusan. Pendanaan kami peroleh dari pembayaran biaya kursus perbulan peserta
didik yang telah dikakulasikan dengan baik. Dalam strategi keuangan usaha kami
ini, kami berdasar atas jumlah peserta
kursus yang berada pada lembaga kursus kami ini.
4.1.4 Strategi Promosi
Dalam
hal melakukan suatu usaha yang berhubungan dengan lembaga pendidikan, promosi
merupakan hal penting. Disamping itu dengan adanya promosi bisa membuat
seseorang akan berminat untuk masuk dalam kegiatan kursus kami. Selain melalui
dari mulut ke mulut kami juga melakukan strategi promosi melalui media sosial
seperti Facebook, Twitter, Google +. Selain itu kami juga melakukan
kunjungan-kunjungan untuk memperkenalkan lembaga pendidikan kursus kami ini ke
beberapa sekolah maupun beberapa instansi yang di kota Kendari.
4.2 Proyeksi Usaha
Usaha ini
bergerak dalam bidang pendidikan, pendidikan yang kami tawarkan yaitu
pendidikan yang bergerak dalam bidang computer. Keuntungan yang didapatkan dari
usaha ini berdasarkan hasil perhitungan memiliki keuntungan yang cukup besar.
Dalm dua tahun kemudian akan di prioritaskan untuk dapat memiliki tempat usaha
sendiri, maka akan ada penambahan kelas yang mengakibatkan bertambahnya peserta
didik seiring dengan itu maka akan ada penambahan tenaga pendidik. Sehingga
lembaga pendidikan ini nantinya diharapkan bisa berkembang dan akan membuat
akademi pendidikan dalam bidang Informatika dan Komputer mulai dari diploma
hingga strata satu nantinya. Dengan adaya akademi ini akan mampu membantu untuk
memperoleh sumber daya manusia yang berkompoten dalam bidang computer yang
sangat dibutuhkan di era-era saat ini dan masa depan nantinya.
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan dari proposal usaha yang kami buat
mengenai ‘Lembaga Pendidikan Komputer Global Kendari’ maka kami dapat di
simpulkan bahwa proposal yang kami
rencanakan ini ditujukan untuk semua kalangan yang ingin mengenal lebih luas
tentang Informasi Teknologi.
Dalam berwirausaha
diperlukan beberapa sifat serta tekad yang kuat. Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap
orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan.
Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
·
Percaya
diri
·
Berorientasikan
tugas dan hasil
·
Berani
mengambil risiko
·
Kepemimpinan
·
Keorisinilan
·
Berorientasi
ke masa depan
·
Jujur
dan tekun
5.2 Saran
Dalam proposal ini, kami menyarankan kepada para pembaca yang ingin
berwirausaha agar dalam membangun usaha selalu menanamkan sifat wirausaha dalam
dirinya. Tidak mudah menyerah, serta fokus dalam membangun usahanya.
Daftar
Pustaka
Siip , dah ! Thanks.
ReplyDeleteIsi bab 3 ttg apa yah?
ReplyDeleteBismillah.. gua masuk bisnis ini.
ReplyDeleteiya ya pas di liat-liat BAB III nya ga ada
ReplyDeletemantap BAB III gak ada apa harus di naikkan BAB V jadi gak ada bukan begitu
ReplyDeletemalam mas, saya ingin mendirikan sebuah lembaga kursus dan pelatihan komputer & bahasa inggris. Apa boleh saya minta contoh jadi proposal pendirian lembaga kursus komputer & bahasa inggris untuk diajukan ke dinas pendidikan kabupaten untuk mendapatkan ijin operasional dari dinas pendidikan. File proposal bisa dikirm ke kalikabu2016@gmail.com. Donasinya berapa, mas ?. Thx, Eddy - 0823 020 73513
ReplyDeleteHow can one draft a proposal for establishing a computer course institution? Regard Telkom University
ReplyDelete