Topik : Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web.
TINJAUAN
PUSTAKA
1. Penelitian
Sebelumnya
Penelitian pertama dengan judul Sistem Informasi
Kepegawaian pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap
memiliki kesimpulan sebagai berikut :
SIMPEG
yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Kepegawaian/ Sistem Informasi
Manajemen Kepegawaian adalah suatu totalitas yang terpadu terdiri atas
perangkat pengolah meliputi pengumpul, prosedur, tenaga pengolah dan perangkat
lunak. Perangkat penyimpan meliputi pusat data dan bank data serta perangkat
komunikasi yang saling berkaitan, berketergantungan dan saling menentukan dalam
rangka penyediaan informasi di bidang kepegawaian. Dengan berdasar pada “SK
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2000 tentang Sistem Informasi
Manajemen Kepegawaian Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah”.
(Septyana, 2011).
Penelitian selanjutnya dengan judul Analisis Sistem
Informasi Kepegawaian Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat Berbasis Web memiliki
kesimpulan sebagai berikut:
Sistem
informasi kepegawaian adalah rancangan suatu sistem yang terdiri dari kumpulan
data yang diorganisir dan berkaitan antara satu tabel dengan tabel lainnya
dalam sebuah komputer dan sekumpulan program yang memungkinkan beberapa pemakai
untuk dapat mengaksesnya dan memanipulasi file (tabel-tabel) tersebut yang
bertujuan untuk membantu mengelola dan mengatur arus orang-orang (pegawai) yang
ada dalam lingkungan organisasi juga dapat digunakan untuk membaca informasi yang
dibutuhkan. (Hartanti, 2003 ).
Penelitian terakhir dengan judul Sistem Informasi
Kepegawaian di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Berbasis Web memiliki
kesimpulan sebagai berikut :
Sistem
Informasi dibuat untuk mempermudah dalam pengelolaan dan penyimpanan data maka
dapat menghasilkan suatu informasi yang tepat dan akurat. Adanya sistem
informasi yang tepat dan akurat dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang
tidak diinginkan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih efisien dan
kecepatan operasional instansi. Seperti halnya simpeg pada suatu dinas
pendidikan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan penyelengaraan tugas dan
fungsi pendidikan. Di mana salah satunya Dinas Pendidikan memiliki banyak data
kepegawaian yang perlu untuk disimpan dan diolah. (Rokhmah, 2005). Universitas
Trunojoyo Madura 3
2. Sistem Informasi
Definisi sistem informasi
menurut berbagai sumber. Menurut Bodnar Hopwood (1993) dalam buku Accounting
Information Sisytem edisi kelima, sistem informasi sebagai kumpulan
perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasiakan
data ke dalam bentuk informasi yang berguna. Turban, McLean, dan Waterbe (1999)
dalam buku Information Technology for Management making Connection for
Strategies Advantages, sistem informasi sebagai sistem yang mengumpulkan,
memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang
spesifik. Alter (1992)
Sistem informasi adalah
kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang
diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Gelinas, Oram
dan Wiggnis (1990) sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang
secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual
dibuat untuk menghimpun, menyimpan dan mengelolah data serta menyediakan
informasi keluaran kepada para pemakai. Sistem informasi adalah sebuah
rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi
informasi dan didistribusikan kepada pemakai. (Hall, 2001).
Sistem informasi adalah
kerangka kerja yang mengkoordinasiakan sumber daya manusia (manusia, komputer)
untk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai
sasaran – sasarn perusahaan.( Wilkinson, 1992).
Jadi, sistem informasi merupakan suatu komponen yang
terdiri dari manusia, teknologi informasi, dan prosedur kerja yang memproses,
menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasiuntuk mencapai suatu tujuan.
Penelitian
yang berhubungan dengan topik.
Ø
Topik Penelitian : Sistem Informasi Kepegawaian di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan
Berbasis web
1. Metode
yang digunakan :
1. Studi
Literatur
2. Perancangan
Sistem
3. Pembuatan
dan Implementasi Sistem
4. Pengujian
dan Analisa
5. Penyusunan
Laporan
2. Hasil
Penelitian
Dari hasil pengujian
terhadap sistem aplikasi yang telah penulis bangun mengenai software simpeg
diatas dapat diketahui dan dianalisa bahwa simpeg memiliki beberapa fungsi
diantaranya :
§ Memberikan informasi data
kepegawaian bagi pengguna internal. Pengguna internal disini adalah Pegawai
Dinas Pendidikan dan Staf Administrasi kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten
Lamongan.
§ Memberikan kemudahan kepada
semua pihak di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan untuk mencari data
kepegawaian atau pelatihan – pelatihan dan seminar - seminar yang pernah
diikuti secara terstruktur dan terklasifikasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.
§ Sistem ini memberikan
fasilitas khusus kepada semua pegawai untuk melihat profil pendidikan,
keluarga, pelatihan, detail jabatan agar dapat diakses oleh pegawai Dinas
Pendidikan Kabupaten Lamongan.
§ Sistem ini memberikan
fasilitas khusus kepada semua pegawai untuk mengajukan cuti dan mencetak form
pengajuan cuti serta form pengajuan pensiun.
§ Administrator memiliki
fungsi untuk memasukkan semua data master ataupun data pendukung dan
memanajemen data tersebut dari simpeg untuk kemudian disimpan ke database.
§ Bendahara mempunyai
kewenangan untuk menginputkan gaji pegawai.
§ Tiap pegawai memiliki user
dan kewenangan untuk melihat data pegawai dan profil pendidikan, pekerjaan,
anak, keluarga, pelatihan, detail jabatan dan lain – lain serta dapat melihat
gaji tanpa bisa melihat gaji pegawai yang lain
Ø
Topik Penelitian : Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web di Dinas
Pendidikan Kabupaten Sumenep
1. Metode
Yang Digunakan :
1.
Tahap identifikasi dan penelitian awal ini adalah sebagai
berikut :
·
Formulasi Masalah dan Penetapan Tujuan Penelitian.
·
Studi Kepustakaan.
·
Studi Lapangan
2.
Wawancara
3.
Tahap Pengumpulan Data
4.
Tahap Pengolahan Data
5.
Tahap Uji coba, Analisa Dan Kesimpulan
2.
Hasil Penelitian :
Perancangan Sistem Informasi
Berbasis Web di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep adalah sebagai berikut : Sistem ini bisa
menjadi alat bantu dan memudahkan admin dalam melakukan manajemen kepegawaian
karena sudah menggunakan sistem komputerisasi bukan secara manual. Manajemen
Kepegawaian meliputi mengolah data pegawai, mengolah data golongan, mengolah
data jabatan pegawai, mengolah mutasi, mengolah cuti pegawai, mengolah masa
pensiun, mengolah kepangkatan secara otomatis dan mengolah data gaji. Selain
hal yang telah disebutkan sistem ini mampu dijangkau dari berbagai sudut daerah
karena Kabupaten Sumenep terdiri dari berbagai macam pulau
Ø Topik : Sistem Informasi Kepegawaian Pada Universitas Bina Darma Berbasis web
1.
Metode yang digunakan :
1.
Metode Interview (wawancara)
2.
Metode Kepustakaan
3.
Metode Observasi
2.
Hasil Penelitian :
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah
program Sistem Informasi Pegawai Universitas Bina Darma, yang dibuat dengan
pemrograman PHP MySQL, adapun penjelasannya sebagai berikut : Proses yang
terdapat dalam program ini adalah proses data pegawai dan dosen, data jabatan,
data pelatihan dan penelitian. Proses ini dapat dilihat pada menu utama yang
merupakan tampilan utama dari program. Database program ini disimpan dengan nama
filenya adalah db_karyawan1. Dalam file database ini terdapat tabel-tabel yang
berisikan data-data hasil proses program. Tabel tersebut adalah admin, dosen,
karyawan, pelatihan, penelitian dan pengangkatan Desain masukan yang terdapat
dalam program ini adalah Form isian data dosen, Form isian data karyawan, dan
Form isian pengangkatan, pelatihan dan penelitian.
Ø
Topik : Sistem
Informasi Kepegawaian Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat Berbasis Web
1. Metode
yang digunakan :
1. Wawancara
2. Observasi
2. Hasil
Penelitian :
Sistem
kepegawaian Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat sebelum diadakannya SIMPEG
adalah masih manual atau belum terkomputerisasi, kemudian dikembangkan lagi
dengan sistem lokal dimana server hanya terhubung ke beberapa komputer saja dan
juga hanya bisa digunakan pada komputer yang di dalamnya diinstal aplikasi sistem
informasi kepegawaian tersebut. Oleh karena itu untuk mempermudah semua pegawai
mendapatkan informasi kepegawaian mereka dengan mudah dan akurat maka dikembangkan
lagi sistem informasi kepegawaian berbasis web. Informasi yang dibutuhkan
Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat dengan asumsi bahwa pegawai yang diinputkan
datanya sudah menjadi pegawai tetap.
Topik
: Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis
Web pada STMIK U’Budiyah Indonesia
1. Metode
yang digunakan :
1. Metode
pengumpulan data, yang terbagi atas :
·
Penelitian kepustakaan (Library
Research)
·
Penelitian lapangan (Field Research)
2. Metode
pembangunan system informasi kepegawaian, yang terbagi atas :
·
Analisis
·
Desain
·
Implementasi
2.
Hasil Penelitian :
Pembuatan
sistem informasi dimulai dengan mengamati terhadap sistem di dunia nyata. Hasil
pengamatan tersebut akan diterapkan ke dalam bentuk perangkat lunak yang
mewakili di dunia nyata tersebut. Analisa sistem merupakan penguraian dari
suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponen dengan maksud
untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, hambatan yang terjadi
dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan. Tahap analisa
merupakan tahap yang sangat penting, karena kesalahan didalam tahap ini akan
menyebabkan kesalahan pada tahap perancangan. Analisa sistem diperlukan untuk
memenuhi kebutuhan akan data dan prosedur suatu sistem yang sedang berjalan di
suatu perusahaan.
ZeusBola - Bandar Sabung Ayam, Casino, dan Slot Terpercaya
ReplyDeleteMenerima Deposit via Pulsa Tanpa Potongan
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
Pendaftaran : http://zeusbola1.com
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607
Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius