Interface Sistem Informasi Data Kepegawaian

Sistem informasi (Information System) dapat didefinisikan sebagai kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, dan menyimpan serta mendistribusikan informasi, atau dengan kata lain system informasi adalah kesatuan elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk menciptakan dan memebentuk aliran informasi yang akan mendukung pembuatan keputusan dan melakukan kontrol terhadap jalannya perusahaan. (Wahyono, 2004). 
Berikut ini adalah contoh interface dari sistem informasi kepegawaian yang telah saya buat :
1. Form Login
Login merupakan form tampilan awal dari aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan. Untuk menjalankan aplikasi ini, silahkan login dengan memasukan username dan password terlebuh dahulu. 


        2.  Form Main Menu
         Jika login telah dilakukan, form Main Menu akan tampil. Form ini terdiri dari :
  • Menu File yang terbagi atas File Logout dan File Exit.
  • Menu Bantuan yang terdiri atas Menu Tentang Kami
  • Menu Data Identitas yang terdiri atas Identitas Pegawai, Data Pengangkatan Sebagai CPNS, Data Pengangkatan Sebagai PNS.
  • Menu Pengaturan yang terdiri atas Pengaturan Akun


3.  Form Data Pegawai
Tampilan Form untuk Data Pegawai adalah sebagai berikut :


Form ini dilengkapi dengan tombol Save yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah diinputkan, tombol Update yang berfungsi
untuk mrngubah data, tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus data, tombol Back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, tombol Refresh yang berfungsi untuk menghilangkan teks pada kolom penginputan data, tombol Search yang berfungsi untuk melihat data-data yang telah diinputkan, dan tombol Navigasi yang berfungsi untuk melihat data-data yang telah diinputkan secara terurut mulai dari data awal penginputan ataupun data yang terakhir diinputkan.

4. Menu Form Tabel Identitas Data Pegawai
Tampilan form untuk tabel identitas data pegawai adalah sebagai berikut :


Pada form ini dilengkapi dengan tombol Search yang berfungsi untuk mencari data yang akan diprint, tombol Print yang berfungsi untuk memprint data identitas pegawai dan tombol Ok yang berfungsi untuk mengembalikan ke form identitas pegawai.

5. Form Pengangkatan Sebagai CPNS
Tampilan Form untuk Data Pengangkatan Sebagai CPNS adalah sebagai berikut :


Form ini dilengkapi dengan tombol Save yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah diinputkan, tombol Update yang berfungsi untuk mrngubah data, tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus data, tombol Back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, tombol Refresh yang berfungsi untuk menghilangkan teks pada kolom penginputan data, tombol Search yang berfungsi untuk membuka form tabel data pengangkatan sebagai CPNS dan tombol Navigasi yang berfungsi untuk melihat data-data yang telah diinputkan secara terurut mulai dari data awal penginputan ataupun data yang terakhir diinputkan

6. Form Tabel Data Pengangkatan Sebagai CPNS
Tampilan untuk Form Tabel Data Pengangkatan Sebagai CPNS adalah sebagai berikut :


Pada form ini terdiri 3 menu pencarian yaitu cari berdas. arkan Nip, cari berdasarkan Pangkat, cari berdasarkan T.M.T CPNS. Pada form ini juga dilengkapi dengan tombol Search yang berfungsi untuk mencari data yang telah diinuputkan sebelumnya, tombol Print yang berfungsi untuk memprint data laporan, tombol Show Table yang berfungsi untuk menampilkan data pada tabel form dan tombol Ok yang berfungsi untuk kembali ke menu sebelumnya.

7. Form Pengangkatan Sebagai PNS
Tampilan Form untuk Data Pengangkatan Sebagai PNS adalah sebagai berikut :



Form ini dilengkapi dengan tombol Save yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah diinputkan, tombol Update yang berfungsi untuk mrngubah data, tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus data, tombol Back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, tombol Refresh yang berfungsi untuk menghilangkan teks pada kolom penginputan data, tombol Search yang berfungsi untuk membuka form tabel data pengangkatan sebagai PNS dan tombol Navigasi yang berfungsi untuk melihat data-data yang telah diinputkan secara terurut mulai dari data awal penginputan ataupun data yang terakhir diinputkan.

8. Form Tabel Data Pengangkatan Sebagai PNS
Tampilan untuk Form Tabel Data Pengangkatan Sebagai PNS adalah sebagai berikut :



Pada form ini terdiri 3 menu pencarian yaitu cari berdasarkan Nip, cari berdasarkan Pangkat, cari berdasarkan T.M.T CPNS. Pada form ini juga dilengkapi dengan tombol Search yang berfungsi untuk mencari data yang telah diinuputkan sebelumnya, tombol Print yang berfungsi untuk memprint data laporan, tombol Show Table yang berfungsi untuk menampilkan data pada tabel form dan tombol Ok yang berfungsi untuk kembali ke menu sebelumnya.

9. Form Pengaturan akun
Form ini hanya dapat digunakan untuk mengubah password akun. Form ini dilengkapi dengan tombol Save yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah diinputkan, tombol Update yang berfungsi untuk mrngubah data, tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus data, tombol Back yang berfungsi untuk kembali ke menu utama. Berikut adalah tampilan Form Pengaturan Akun



10. Form Tentang Kami
Ketika tombol Bantuan di klik maka terdapat Form Tentang Kami, Form ini berisi tentang data tentang nama aplikasi ini serta daftar team yang membuat aplikasi ini. Berikut adalah tampilan Form Tentang Kami :


11. Halaman Print
Pada halaman form ini, jika kita mengklik tombol print akan akan tampil halaman seperti dibawah. Dan tombol print di berdasarkan nip.

 

Untuk Lebih jelasnya silahkan download sj penjelasan lengkapnya pada link download di bawah ini !!
Share On:

1 comment:

  1. Gan kok ndak bisa di download
    tolong dong linknya diperbaiki

    ReplyDelete